Mengapa Memilih Antara Android dan iOS Masih Penting

Jalankan iPhone X bersama Galaxy Note 8 dan Anda mungkin tidak berpikir ada banyak yang bisa dipilih antara Android dan iOS lagi. Mereka menawarkan aplikasi yang sama, dalam jenis grid yang sama, dengan pendekatan yang mirip dengan notifikasi dan pengaturan cepat, dan pada tahap ini dalam permainan Anda mungkin senang dengan pilihan OS seluler Anda dan terus menggunakannya. Apakah ada alasan untuk beralih? Ya, masih ada beberapa!
Android dan iOS mungkin telah meminjam fitur yang cukup dari satu sama lain selama bertahun-tahun untuk membuat perbedaan dangkal tidak begitu hebat lagi (iOS bahkan memiliki widget hari ini), tetapi gali lebih dalam dan Anda punya tiga cara utama platform seluler Apple berbeda dari Google. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang mereka, dan mengapa Anda memilih OS smartphone masih penting.
Pribadi
Selama beberapa tahun terakhir, Apple telah tertarik untuk membicarakan keuntungan privasi pengguna dengan menggunakan iOS. Kurang dari data Anda akan dikirim ke cloud, lebih dari itu akan disimpan dengan aman di perangkat Anda, dan Apple tidak ingin mengumpulkan banyak data tentang Anda di tempat pertama, menurut Apple.
Anda dapat membaca kebijakan privasi Apple secara lengkap di sini. Banyak data yang dikirim kembali ke Apple, termasuk permintaan pencarian dan lokasi peta, dikumpulkan dan dianonimkan, meskipun tidak semuanya — jika Anda menggunakan Temukan iPhone Saya, misalnya, Apple perlu tahu siapa Anda dan di mana ponsel Anda sehingga dapat membantu menyatukan kembali Anda.
Ini secara resmi disebut Differential Privacy, di mana data yang dikumpulkan Apple pada penggunanya menjadi acak sehingga tidak dapat mengidentifikasi orang secara pribadi. Itu berarti "kami melihat pola umum, bukan spesifik yang dapat ditelusuri kembali kepada Anda" dalam kata-kata Apple sendiri.
Sebaliknya, Google suka untuk menyedot sebanyak mungkin informasi pribadi pada Anda untuk membuat layanan pribadi yang jauh lebih banyak, dan sangat memahami hal-hal spesifik tentang Anda — Anda dapat membaca kebijakan privasinya di sini (dan jangan lupakan kebijakan Samsung atau LG atau perusahaan mana pun yang membuat ponsel Anda).
Tentu saja pertanyaan tentang berapa banyak data yang dikumpulkan — data yang dapat dikaitkan dengan Anda secara pribadi — adalah data yang sedikit terpisah tentang bagaimana data itu digunakan. Google akan mengatakan itu menggunakan semua informasi yang dikumpulkannya dengan cara yang bertanggung jawab dan membantu, sesuatu yang Anda mungkin atau mungkin tidak percaya diri dalam menerima pada nilai nominal.
“Kami mengumpulkan informasi untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada semua pengguna kami — dari mencari tahu hal-hal dasar seperti bahasa apa yang Anda gunakan, hingga hal-hal yang lebih rumit seperti iklan mana yang paling berguna bagi Anda, orang-orang yang paling berarti bagi Anda daring, atau yang paling penting bagi Anda Video YouTube yang mungkin Anda sukai, ”kata Google dalam kebijakan privasinya. Dengan kata lain, ia tahu Anda lebih baik, dan itu membantu Asisten Google tahu apa yang Anda butuhkan atau membantu pencarian Google menawarkan hasil yang lebih relevan. Apakah atau tidak privasi trade-off sepadan itu terserah Anda.
Tidak ada keraguan bahwa Apple kurang tertarik dalam profil penggunanya dan melayani iklan untuk mereka, dan lebih tertarik untuk membuat stand untuk privasi pengguna. Google mengakui itu mengumpulkan lebih banyak data, tetapi berjanji untuk berhati-hati dengan itu — jadi pada akhirnya turun ke seberapa banyak Anda mempercayai perusahaan teknologi raksasa ini apakah Anda lebih nyaman menggunakan iOS atau Android di ponsel Anda.
Kesesuaian
Kami tahu pendekatan Apple sekarang: Mungkin setengah hati mendukung iTunes untuk Windows dan Apple Music untuk Android, tetapi itu benar-benar ingin para penggunanya menjalankan perangkat keras dan perangkat lunak Apple dan tidak ada yang lain. HomePod hanyalah contoh terbaru dari ini, tanpa dukungan untuk Spotify (kecuali Anda menggunakan Airplay) atau Android.
Itu selalu menjadi kasus bahwa iOS adalah fantastis jika Anda suka cara Apple melakukan sesuatu, karena Anda tidak mendapatkan banyak pilihan. Tidak ada peluncur untuk menginstal ulang OS dengan, misalnya, meskipun kustomisasi adalah masalah yang berbeda, dan kami akan masuk ke aplikasi di bagian selanjutnya.
Apa yang ingin kita bicarakan di sini adalah ekosistem daripada iOS dan Android secara khusus: Mulai berinvestasi di Apple satu, dengan HomePods dan Apple TV dan iCloud, dan sangat sulit untuk keluar. Daftar dengan Google untuk email Anda, penyimpanan cloud Anda, dan foto Anda, dan Anda dapat melompat di antara platform dengan lebih mudah, baik itu macOS, Windows, dan Chrome OS, atau iOS dan Android.
Bandingkan proses peralihan dari Android ke iOS dengan akun Google, yang pada dasarnya melibatkan mengunduh dan masuk ke beberapa aplikasi Google, dengan proses menuju arah lain dengan akun Apple — Anda bisa menyiapkan email dan kalender di Android, hampir, tetapi tidak ada dukungan untuk iCloud, atau Apple Photos, atau film iTunes Anda.
Dikatakan, di mana-mana dan popularitas iPhone berarti pabrikan lain harus menawarkan dukungan untuk mereka, sehingga pilihan perangkat yang kompatibel Anda benar-benar menjadi lebih besar. Pilih iOS dan Anda dapat memilih Apple Watch atau perangkat Android Wear untuk smartwatch berikutnya atau konten pancaran ke Apple TV atau Chromecast, atau kirim audio ke HomePod atau Amazon Echo. Pergi untuk Android dan perangkat buatan Apple lainnya bukanlah pilihan untuk Anda.
Seperti yang telah kami katakan, ini lebih banyak tentang aplikasi dan layanan Apple dan Google daripada iOS dan Android secara khusus, tetapi jika Anda menggunakan iOS dan berpikir bahkan ada peluang Anda mungkin suatu hari melompat pagar ke Android, itu ide yang bagus menggunakan Google untuk aplikasi dan layanan Anda — atau hanya tetap menggunakan opsi netral seperti Netflix dan Spotify yang tidak peduli sistem operasi seluler apa yang Anda jalankan.
Ini juga berarti jika Anda memiliki rumah dengan Apple TV, MacBook, dan sistem lampu yang kompatibel dengan HomeKit, Anda akan menemukan kehidupan yang jauh lebih mudah dengan iPhone — pilihan Anda untuk gadget dan layanan cloud lainnya berjalan lama. jalan menuju pilihan OS smartphone Anda.
Keamanan
Seperti macOS vs Windows, prospek keamanan untuk iOS vs Android sangat bergantung pada kebaikan Apple: Ada lebih banyak malware yang ditujukan untuk perangkat Android, hal ini semakin sering terjadi, dan pembaruan keamanan lebih lambat dalam peluncuran (tidak sedikit karena mitra perangkat keras Google adalah terlibat serta Google).
iPhone tidak kebal terhadap upaya meretas, tetapi mereka terkunci jauh lebih ketat, dan Anda tidak perlu khawatir tentang keamanan. Ini berarti aplikasi terkadang dibatasi dalam apa yang dapat mereka lakukan (lihat bagian berikutnya), tetapi manfaatnya adalah aplikasi berbahaya tidak dapat mengontrol perangkat Anda dengan mudah.
Seperti Windows, Android bukanlah kecelakaan mobil lengkap ketika menyangkut keamanan. Beli dari vendor terkemuka, tetaplah di Google Play Store, terapkan beberapa akal sehat, dan Anda mungkin akan baik-baik saja — tetapi adil untuk mengatakan Anda perlu sedikit lebih waspada.
Angka-angka itu tidak cukup untuk pengguna Android — pembuat malware lebih cenderung menargetkan sistem operasi Google karena ada lebih sedikit rintangan untuk melompati, lebih banyak perangkat yang diserang, dan lebih banyak perangkat yang menjalankan perangkat lunak versi lama, yang berpotensi menawarkan kerentanan keamanan yang sangat disukai para peretas.
Aplikasi kini otomatis dipindai dari aplikasi Play Store di Google, dengan aktivitas mencurigakan ditandai dan dihentikan. Pada akhir tahun 2016, Google mengatakan bahwa 0,05 persen perangkat Android yang secara eksklusif menggunakan aplikasi dari Google Play memiliki aplikasi yang berpotensi berbahaya pada mereka — itu merupakan peningkatan pada tahun sebelumnya, tetapi masih 0,05 persen terlalu banyak.
Android membaik, tetapi iOS masih jauh di depan. Aplikasi yang ditulis untuk iOS harus secara khusus disetujui dan ditandatangani oleh Apple, sehingga sangat sulit untuk mengendalikan perangkat Apple. Bug keamanan masih muncul dan perlu dihapus pada iOS, tetapi biasanya ditangani dengan cepat.
Apple memenangkan putaran ini lalu — keamanan meningkat di Android, tetapi lebih baik di iOS. Jika Anda akan gemuk untuk opsi Google, kemudian berpikir tentang mendapatkan pemindai malware terkemuka di perangkat Anda hanya untuk berada di sisi yang aman.
Aplikasi
Untuk lebih baik atau lebih buruk, aplikasi Android masih memiliki keunggulan atas aplikasi iOS ketika sampai pada seberapa dalam mereka bisa mendapatkan cakarnya ke dalam sistem operasi seluler. Itulah alasan mengapa Anda tidak dapat mengubah aplikasi SMS default Anda di iPhone, atau merekam panggilan di ponsel itu sendiri, atau membuka tautan dari email di apa pun selain Safari, atau mengubah ikon dan tema wallpaper dengan beberapa tap.
Kami menyebutkan aplikasi peluncur di bagian terakhir: Tidak banyak orang yang ingin melihat tampilan antarmuka ponsel cerdas mereka, piksel demi piksel, tetapi mereka yang harus memilih Android. Ini sama untuk menyesuaikan layar kunci, atau menata ulang ikon di layar awal dalam apa pun selain kisi yang sempurna.
Baru-baru ini kami melakukan pengumpulan aplikasi yang melacak penggunaan aplikasi — sekali lagi, aplikasi Android dapat memperoleh akses ke informasi semacam ini (aplikasi mana yang Anda gunakan dan untuk berapa lama), sedangkan iOS tidak bisa. Contoh lain dari aplikasi yang dilarang dari iOS adalah aplikasi yang mengukur analisis terperinci dari koneksi Wi-Fi Anda, atau yang seperti Tasker yang mengotomatisasi berbagai fungsi tingkat rendah dari sistem operasi.
Atau gunakan IFTTT (Jika Ini Berarti) —mulai untuk membuat applet untuk Android dan Anda dapat menggunakan SMS, tingkat baterai, panggilan telepon, koneksi ke perangkat Bluetooth, atau koneksi ke jaringan Wi-Fi sebagai pemicu . Opsi-opsi itu tidak tersedia di iOS karena kait ke sistem operasi tidak ada di sana.
Meskipun sebagian besar pengguna tidak akan memikirkan lagi untuk menggunakan jenis aplikasi atau fungsi ini, itu adalah sesuatu yang harus diingat. iOS selalu unggul saat bekerja, dengan Apple menggunakan pendekatan yang lebih ketat untuk aplikasi apa yang dapat dan tidak dapat dilakukan dengan imbalan pengalaman slicker, lebih stabil, dan lebih aman di ponsel.
Hampir setiap aplikasi catatan sekarang muncul di Android dan iOS, tetapi tetap benar bahwa aplikasi dan game terbaru biasanya diluncurkan pertama kali di iOS: Alto's Odyssey adalah salah satu contoh terkini yang muncul dalam pikiran, keluar untuk iPhone pada 22 Februari tanpa tanggal yang dikonfirmasi untuk peluncuran Android (meskipun itu akan terjadi, akhirnya). Peluncuran Android pertama memang terjadi, tetapi mereka cenderung untuk aplikasi yang lebih kecil dari pengembang independen.
Lain kali Anda mencapai persimpangan jalan dalam kehidupan ponsel Anda, mungkin layak untuk mempertimbangkan seperti apa kehidupan di sisi lain — masih ada perbedaan utama dalam cara kerja Android dan iOS, yang cukup penting untuk beralih atau tetap menggunakan apa yang Anda tahu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel