15 fitur keren dari Android P, yang wajib kamu tau


Hasil dari event Google I/O 2018 kemaren, adalah mengungkapkan fitur lengkap dan baru dari Android P — dan berbagai hal keren lain yang juga diungkapkan Google di event tersebut.




Pertama admin akan bahas dulu berbagai fitur baru di Android P. Di versi baru Android 9.0 ini ada 3 hal penting yang menjadi fokus utama Google yaitu Intelligence, Simplicity, dan Digital Wellbeing.

Intelligence adalah kercedaske buatan dari Google,  Google menjadikan AI atau kecerdasan buatan, sebagai fokus utama dari Android P. Jadi Android akan mempelajari pola kebiasaan kamu saat memakai smartphone, dan menganalisa aktivitas kamu selanjutnya untuk menghemat waktu.


  • Berikut ini adalah beberapa fitur baru dari Android P


1. Adaptive Battery

Fitur pertama yang menggunakan kecerdasan buatan atau AI ini adalah “Adaptive Battery”. Android akan mempelajari aplikasi apa saja yang akan kamu gunakan dalam waktu dekat, serta aplikasi apa yang tidak ingin gunakan sampai beberapa jam kedepan. Lalu dari data ini Android akan memprioritaskan atau nemfokuskan power baterai untuk service aplikasi yang bakal kamu gunakan saja. Hal ini akan membuat baterai Android P bisa lebih awet dan tanmpa aplikasi tambahan, jadi gak akan ribet


2. Auto Brightness

Fitur kedua adalah “Auto Brightness“.  jika biasanya auto brightness hanya mengatur tingkat kecerahan layar otomatis berdasarkan kondisi cahaya, di Android P, Auto Brightness juga mempelajari pola kamu dalam mengatur slider secara manual. Hal akan Ini membuat tingkat kecerahan benar-benar disesuaikan dengan kebiasaan kamu dalam menentukan tingkat kecerahan layar, makan akan memberikan kenyamanan pada saat kita menggunakan smartphone.

3. App Action

Fitur ke-tiga adalah “App Action”. Android P nanti ditambahkan App Action, yang memberikan pilihan aplikasi apa yang kamu buka berdasarkan penggunaan setiap hari atau bisa di bilang aplikasi favorit. Opsi rekomendasi dari App Action ini juga akan hadir di berbagai elemen Google lainnya seperti Google Search, Google Play, Google Assistant, bahkan juga di fitur Smart text selection.

4. Navigasi Baru

fokus dari Android P kedua, yaitu Simplicity. Google banyak meringkas atau menyederhanakan user experience di Android P. Pertama menu navigasi kini jadikan lebih simple dengan hanya menyisakan satu bar tombol home, seperti yang dipakai Apple di iOS untuk iPhone X. Kita tinggal Swipe keatas maka akan muncul app kita, dan switcher untuk beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain, dan di bagian bawah ada rekomendasi aplikasi untuk akses cepat, swipe keatas lagi maka akan muncul app drawer berisi daftar aplikasi.


5. Rotation Lock

Ubahan lain ada di rotation lock, yang kini langsung dimunculkan di navbar saat kamu mengubah orientasi smartphone. Tidak perlu lagi untuk repot-repot swipe dan tekan tombol orientasi di quick action.

Masih ada banyak lagi penyederhanaan lain untuk membuat experience Android P jadi lebih simple, baik itu di notifikasi, work profile, quick settings, screenshot, status bar, volume control, dll.

6. Dashboard

Beralih ke fokus Android ketiga, yaitu Better Wellbeing. Pertama adalah dashboard. Disini kamu bisa melihat detail waktu yang kamu gunakan di smartphone, berapa lama kamu gunakan waktu di setiap aplikasi, berapa kali unlock smartphone dalam sehari, hingga berapa banyak notifikasi yang kamu terima hari ini. Kamu juga bisa cek masing-masing aplikasi.

7. App Timer

 fitur App timer. Dengan fitur ini kamu bisa mengatur batas waktu penggunaan setiap aplikasi. Kalo batas waktu sudah hampir habis kamu akan dapat notifikasi, dan selanjutnya, icon aplikasi akan berubah jadi abu-abu agar ingat bahwa jatah waktu menggunakan aplikasi tersebut sudah habis.

8. Do Not Disturb

 Do not disturb mode baru. kalau sekarang do not disturb mode ini hanya nge-silence telepon, sms, dan chatting. Di versi baru ini Do not disturb mode membungkam semua popuo,  saat sedang ngobrol dengan teman misalnya, kamu tinggal balik saja smartphone dan Do not disturb mode akan aktif. Tidak ada getar, notifikasi, atau apapun yang masuk. Tapi tentu kamu bisa memasukkan daftar kontak pengecualian, yang tetap bisa melakukan kontak meskipun do not disturb mode sedang aktif.

9. Wind Down

Ada fitur digital wellbeing. jadi dengan Wind down mode Kamu tinggal atur saja mau tidur jam berapa, dan begitu sudah di jam itu, maka do not disturb akan otomatis aktif, dan tampilan layar jadi hitam putih seluruhnya. Jadibkamu punya kesempatan untuk tidur lebih nyenyak.


10. Real Time Navigation

Google juga memperkenalkan sosok guide virtual yang bisa memandu dan membantu kamu ke suatu tempat. Karena Untuk melakukan perjalanan dengan GPS saja tidak cukup, jadi Google memperkenalkan teknologi baru bernama VPS (Visual Positioning System) yang bisa memprediksi posisi dan orientasi. Jadi kamu tidak perlu bingung jika nyasar ke tempat yang asing.

11. Rekomendasi Google Maps

Fitur baru lain di Google Maps, kamu bisa lebih mudah menemukan rekomendasi tempat menarik yang disesuaikan dengan ketertarikan kamu sebelumnya. Misalnya kamu suka makan di restoran dengan menu tertentu, maka di tab baru bernama For You, kamu bisa mendapati rekomendasi tempat yang mungkin akan kamu sukai. Ada pula info tempat yang baru saja dibuka, sedang trending, dsb.

12. Google Lens

Lalu ada juga fitur baru di Google Lens, yang terintegrasi langsung di aplikasi kamera smartphone. Google Lens ini bisa mengenali kata dengan “smart text selection”, jadi kamu bisa copy paste dokumen langsung dari kamera dengan Google Lens. Selain itu ada fitur “style match”, jadi kalo kamu nemu suatu produk menarik nih, kamu bisa arahkan saja kamera untuk menemukan produk serupa.

13. Google Photos

Selanjutnya, Google Photos  kini lebih canggih dengan ditambahkannya “Suggested Action”. Jadi misalkan di galeri ada 3 foto bersama teman, maka akan muncul opsi untuk share 3 foto tersebut dengan teman tersebut. Lalu misal ada foto yang terlihat gelap karena underexposure, akan ada opsi untuk perbaikan brightness.

Nah ini satu fitur lagi yang keren di Google Photos, yaitu Color Pop. Jadi kamu bisa membuat background foto jadi hitam putih dan object foto tetap berwarna, sehingga hasilnya standout seperti ini. Kamu bahkan bisa membuat foto jadul yang hitam putih menjadi berwarna dan lebih hidup.

14. Google News

Google news juga dirombak oleh Google untuk menggantikan Newstand. Jadi di Google news telah ditambahkan AI untuk menampilkan berita sesuai dengan ketertarikan, serta memudahkan kamu dalam memahami konteks berita melalui fitur full story. Jadi selain bisa melihat rangkuman berita dalam format slideshow, kamu juga bisa melihat detailnya melalui timeline.

15. Google Duplex

Dan terakhir ada fitur baru yang paling keren , yaitu Google Duplex. Jadi nantinya, Google Assistant bisa berlaku seperti asisten pribadi. Misalkan saja kamu ingin makan Google Assistant bakal menelepon dan membuat reservasi ke restoran. Virtual Assistant ini bisa berkomunikasi dengan manusia, layaknya manusia sungguhan. Dan cocok untuk kamu yang jomblo, mungkin ingin curhat sama google assisten


Nah itulah dia gaes 15 fitur baru di Android P berdasarkan event Google I/O 2018 beberapa waktu lalu. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel