AltOS mode: Chrome OS bisa dual boot dengan Windows

Chrome OS terbilang kurang populer. Berbeda dengan windows atau macOS, karena Chrome OS sendiri masih baru.  Banyak pengguna Pixelbook yang masih memerlukan beberapa software Windows harus melakukan tweaking agar bisa menjalankan software Windows di Chromebooks. Tetapi nampaknya hal itu segera berubah.



Google baru saja mengerjakan fitur baru di Chrome OS yaitu mode AltOS. mode AltOS dipercaya merupakan mode dual boot yang memungkinkan pengguna Pixelbook untuk menginstall OS lain disamping Chrome OS sebagai OS utama. Bisa jadi itu adalah Linux, OS baru Google: Fuchsia OS, atau bahkan Windows.

Beberapa string kode memberikan gambaran seperti apa sebenarnya AltOS itu. AltOS (bisa jadi merupakan kependekan dari Alternative OS) memiliki picker screen, sebuah tampilan yang kemungkinan bakal menjadi opsi pilihan booting — mau boot ke Chrome OS atau OS kedua. Selain itu ada juga string kode go/vboot-windows — yang kemungkinan besar memungkinkan Pixelbook untuk dual boot dengan Windows.

Memberikan opsi untuk dual boot dengan Windows sebenarnya sudah didahului oleh Apple yang menanamkan fitur Bootcamp agar pengguna Mac bisa melakukan dual boot dengan Windows. Terbukti dengan adanya fitur Bootcamp tersebut MacBook laris manis mengingat pengguna macOS bisa dengan mudah menginstall Windows jika memang memerlukannya.

Bisa jadi AltOS ini seperti Bootcamp di macOS — sebuah fitur yang bisa mempermudah pengguna Chrome OS di Pixelbook untuk melakukan dual boot dengan Windows.

Mungkin saja Alt OS adalah solusi dari google untuk mempopulerkan Chrome OS, atau juga ingin menambah penjualan dari pixelbook, dan tentunya google akan mengambil market dari windows, mungkin google mengikuti pepatah= "sedikit demi sedikit lama lama menjadi bukit" karena Microsoft hampir menguasai seluruh market duni.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel