Suka main gatget, lihat cara ini agar mata anda tetap aman

Di jaman sekarang, kegiatan manusia tidak lepas dari gadget, mulai dari pekerjaan, bermain game, bermain media sosial, mencari informasi, dan lainnya. Karena itulah, keberadaan komputer, laptop, atau smartphone menjadi penting untuk mendukung pekerjaan.





Mulai dari bangun tidur, hingga tidur lagi, sebagian di antara kita seakan-akan tak mau lepas dari smartphone. smartphone pun digunakan sebagai sarana bermain online games yang memang seru dilakukan.

Kalau Anda sering bekerja di depan komputer dan laptop, atau sering berkutat dengan gadget, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan mata dari sinar biru Smartphone terhadap Kesehatan Mata.

Dalam ilmu kesehatan mata, blue light atau sinar biru digolongkan sebagai high-energy visible light (HEV light), yaitu sinar tampak dengan panjang gelombang pendek, sekitar 415 hingga 455 nm, dan tingkat energi yang tinggi. Sumber alami terbesar dari sinar jenis ini adalah matahari.



Selain matahari, sinar biru juga berasal dari berbagai layar digital, seperti layar komputer, televisi, maupun smartphoned dan peralatan elektronik lainnya untuk meningkatkan keterangan dan kejelasan layar. Beberapa jenis pencahayaan modern, seperti lampu LED (light-emitting diode) dan CFL (compact fluorescent lamps), juga mengemisikan sinar biru dalam level yang tinggi.



Beberapa akibat blue light

1. Kerusakan retina
Paparan langsung sinar biru dapat menyebabkan kerusakan retina. kerusakan retina yang disebabkan sinar biru dapat menyebabkan degenerasi makula. Hal ini menyebabkan hilangnya penglihatan sentral--kemampuan untuk melihat apa yang ada di depan Anda.

2. Menimbulkan katarak
Tidak tertutup kemungkinan adanya hubungan antara katarak dan sinar biru, hasil dari kutipan seorang dokter mata yang menyebutkan dia mulai melihat orang-orang berusia 35 tahun memiliki mata berawan dengan katarak seperti orang-orang berusia 75 tahun.

3. Merusak siklus tidur alami
Sinar biru mengganggu produksi melatonin--hormon yang membantu mengatur siklus tidur. Otak seseorang mulai memproduksi melatonin ketika ia siap tidur dan sinar biru dari smartphone mengganggu proses produksi tersebut.

4. Risiko kanker lebih tinggi
Selain membantu kita tidur, melatonin juga berfungsi sebagai antioksidan, para peneliti menemukan dampak buruk lainnya dari sinar biru. misalnya karena paparan sinar biru, berisiko lebih tinggi untuk mengidap berbagai kanker, terutama kanker payudara dan prostat,

5. Rentan terhadap depresi
Penelitian juga menunjukkan bahwa orang-orang yang tingkat melatoninnya ditekan dan jam tubuhnya dikacaukan oleh paparan sinar biru lebih rentan terhadap depresi.


Cara mencegahnya


  • Untuk smartphone gunakan aplikasi blue light filter,
  • Menggunakan thema gelap pada layar Komputer 
  • Agar Lebih Bersahabat jaga jarak yang aman, yaitu 50 – 66 cm jauhnya dari mata.
  • Atur cahaya di dalam ruangan agar tidak terlalu gelap maupun terlalu terang sehingga akan membuat matamu nyaman saat bekerja di depan komputer.
  • Kamu juga bisa mengatur keterangan, kontras dan ukuran font komputer agar lebih nyaman dilihat.
  • Istirahatkan mata sejenak dengan mempraktekkan metode 20-20-20. Jauhkan pandanganmu dari layar computer setiap 20 menit sekali dan lihatlah sesuatu yang berjarak 20 kaki jauhnya darimu selama 20 menit.
  • Jangan lupa untuk sering-sering berkedip untuk menjaga agar mata tetap lembab.
  • Jika mata terasa kering, gunakan obat tetes mata.
  • Kunjungi dokter mata secara berkala untuk memeriksakan mata.


Sekian informasi yang dpada kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian semua

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel