Kisah sukses jack ma, orang miskin yang menjadi milyarder

Anda pernah mendengar Alibaba Group, Alibaba adalah e-commerce terbesar di China, pendirinya adalah Jack Ma, orang terkaya di China dan orang kedua terkaya di Asia menurut Bloomberg Billionaires Index. Namun siapa yang menyangka, ia dulu hanyalah seorang guru miskin di China.


Jack Ma lahir tahun 1964. Jack Ma berasal dari Hangzhou, China, sebuah kota dengan 2,4 juta orang penduduk di dekat Shanghai. Kedua Orangtuanya bekerja sebagai seniman tradisional. Dulu ia sering berkelahi karena teman-temannya sering mengejek ukuran tubuhnya.


Belajar Bahasa Inggris dengan Turis

Pada usia 12 tahun, Ma belajar Bahasa Inggris sendiri. Dengan cara menawarkan menjadi pemandu wisata gratis hotel di dekat distrik West Lake Hangzhou agar bisa berinteraksi secara langsung dengan tiris asing.

 Bahkan dia buruk di bidang pendidikan

Dia tidak pernah unggul dalam pelajaran matematika. Dia bahkan pernah gagal dua kali masuk ke perguruan tinggi di China. Namun setelah persiapan yang matang, ia mencoba ikut tes yang ketiga kalinya dan akhirnya lulus dari Hangzhou Teachers Institute pada tahun 1988.

Serimg di tolak di  Berbagai perubahan

Ma lalu mencari pekerjaan, Jack Ma juga pernah mendaftar di lebih dari 30 pekerjaan. Berita buruknya Ma ditolak di 30 perusahaan tersebut. Bahkan Beliau juga pernah ditolak di kepolisian dan KFC. Dari 25 orang yang mendaftar kerja di KFC, 24 orang diterima dan hanya Jack Ma yang ditolak.


Awal perjalanan  Alibaba

Pada tahun 1994, Jack Ma mendengar istilah mengenai internet. Pada awal tahun 1995, Beliau pergi ke Amerika. Temannya menjelaskan mengenai internet dan kata pertama yang dicari oleh Jack Ma adalah bir (beer). Jack Ma sungguh sangat terkejut karena dia tidak menemukan satupun merk bir dari China.

Kemudian Beliau bersama temannya membuat sebuah website sederhana yang berisi mengenai informasi mengenai China. Ternyata langkah kecil tersebut mendapatkan respon positif dari beberapa orang China.

Bermodalkan uang sebesar US$ 20.000, Jack Ma dan istri mulai menjalankan perusahaan di bidang internet. Perusahan mereka membantu perusahaan-perusahaan untuk membuat website. Jack Ma menamakan bisnisnya China Yellow Pages. Dalam waktu tiga tahun, perusahaanya berhasil mencetak keuantungan sebesar 5.000.000 Yuan China (setara dengan US$ 800.000).


Pelajaran dari Kisah Sukses Jack Ma

Apa saja pelajaran-pelajaran berharga yang bisa kita ambil dari sosok seorang Jack Ma?




1. Pengusaha yang hebat selalu optimis


Untuk menjadi seorang pengusaha, Anda harus mengeluarkan pikiran negatif dari kepala Anda. Sebab, seorang pengusaha harus selalu optimis.

Jadi, bertanyalah ke diri Anda mengapa Anda bisa melakukan dengan cara yang paling baik dari orang lain.


2. Orang-orang di sekeliling Anda bisa mengubah segalanya


Anda harus menemukan sekelompok orang yang bekerja sama dengan Anda. Tapi karena mereka percaya pada mimpinya, mereka percaya misi tersebut, dan mereka percaya penglihatannya," jelas Ma.

Namun, itu bukan berarti Anda harus mencari rekan kerja yang terbaik. Sebab, orang yang terbaik adalah dia yang mampu bekerja sama dengan orang lain.

"Melatih tim, bekerja sama dengan tim, tim juga akan melatih Anda."



 

3. Anda harus rela berkorban


Perjalanan untuk sukses memang tidak selalu mudah. Jangan pernah berpikir tentang apa yang akan Anda dapatkan, tapi berpikirlah apa yang akan Anda berikan. Selain itu, jangan pernah berpikir untuk sukses dengan instan.

Menurutnya, ketika Anda tahu apa yang akan Anda korbankan, maka nantinya Anda bisa mendapatkan sesuatu yang jauh lebih hebat. Seperti Ma yang telah mengeluarkan sekitar USD 50.000 atau Rp 675,7 juta untuk mendirikan Alibaba.


4. Jangan fokus pada hal-hal yang sedang tren
Mengapa Alibaba berhasil? Salah satu alasannya adalah internet belum ada di mana-mana. Saat itu, e-commerce masih belum banyak diketahui banyak orang, bahkan tidak ada satu pun yang percaya akan hal itu.

"Gunakan pikiran Anda, pikirkan mengapa Anda bisa berbuat lebih baik, mengapa Anda bisa melakukan yang berbeda, mengapa Anda bisa bertahan selama 10 tahun sementara orang lain hanya bisa bertahan selama satu tahun," kata Ma.




5. Jangan menunggu sesuatu


Bergerak lebih awal dan bergerak dengan cepat. Jangan menunggu untuk sukses menghampiri Anda. "Jangan menunggu lingkungan untuk siap. Jangan menunggu kebijakan untuk siap. Ketika semuanya siap, maka tidak ada kesempatan untuk Anda," tegas Ma.

Maka pergi lah ke tempat lain yang mampu mengembangkan rencana Anda. Sehingga ketika waktunya tiba, maka Anda akan berada di balik semua kemajuan itu.

Itulah sifat  dari jack ma yang wajib di contoh.








Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel