Apa itu Chromebook dan apakah kelebihan dan kekurangannya



Pengertian chrome os

Chrome OS adalah sistem operasi 
sumber terbuka yang dirancang oleh Google Inc.untuk bekerja secara eksklusif denganaplikasi web. Chrome OS diumumkan pada tanggal 7 Juli 2009, dan versi stabilnya akan diluncurkan umum pada paruh kedua tahun2010. Sistem operasi ini berbasis Linux dan hanya akan berjalan pada pada perangkat keras yang dirancang khusus.  Antarmukapenggunanya dirancang mengambil pendekatan minimalis, seperti penjelajah web Google Chrome. Sistem operasi ini ditujukan bagi mereka yang menghabiskan sebagian besar waktunya di Internet. aplikasi yang "asli" di Chrome OS hanya browser, pemutar media, dan manajer file.
Di kutip dari wikipedia

Chrome OS dibangun di atas proyek open source yang disebut Chromium OS. Tidak seperti Chrome OS, dapat disusun dari kode sumber download. Chrome OS adalah versi komersial diinstal pada hardware tertentu dari Mitra Manufaktur Google. Tanggal peluncuran untuk ritel hardware menampilkan Chrome OS ditunda dari akhir 2010 untuk 15 Juni 2011, ketika "Chromebook" dari Samsung, dan AcerDikirim pada bulan Juli



Keunggulan chrome os

Google Assistant merupakan salah satu fitur spesial yang ada pada Chromebook. Asisten virtual besutan Google ini hadir di platform Chrome OS pada Pixelbook. Yang menarik, fitur ini bisa diaktifkan dengan menggunakan Pixelbook Pen. Meski dilengkapi pena pendukung, kamu masih bisa mengakses Google Assistant lewat tombol khusus yang terdapat di laptop itu sendiri. Selain itu, Chromebook ini juga terintegrasi dengan Google Now, yang memberikan kamu informasi mengenai berita cuaca dan berita terkini setiap hari. Kamu bisa melihatnya dengan mudah di Google Feed.

Penyimpanan
Tidak seperti laptop Windows, Chromebook lebih ditujukan untuk penggunaan online, sehingga spesifikasi tinggi tidak begitu diperlukan. Sebagai gambaran, Chromebook dengan RAM 2 GB atau 4 GB dan prosesor Intel Celeron N2840, sudah cukup mumpuni untuk kebutuhan multitasking. Penyimpanan Chromebook juga tidak perlu besar.
Sebagian besar Chromebook hadir dengan kapasitas penyimpanan on board hanya 16 GB. Hal ini dikarenakan Chromebook dilengkapi dengan slot SD card untuk menambah kapasitas penyimpanan dan juga tersedianya penyimpanan berbasis cloud hingga kapasitas 100 GB di Google Drive. 

Harga lebih bersahabat
Harga tentu menjadi salah satu pertimbangan utama ketika kita ingin membeli laptop baru. Semakin terjangkau harganya, maka akan semakin menarik minat kita untuk membelinya. Inilah salah satu kelebihan dari laptop Chromebook. Jika dibandingkan dengan laptop Windows dan MacBook, harga Chromebook terbilang lebih murah.
Sebagai contoh, untuk segmen low end dengan harga Rp 2 jutaan, kamu sudah bisa memiliki Acer Chromebook R11 yang punya layar 11,6 inci, prosesor Intel Celeron N3150 dan RAM 2 GB. Lalu dengan budget Rp 7 jutaan, kamu sudah bisa membawa pulang Samsung Chromebook Pro yang mempunyai layar 12,3 inci beresolusi 2400 x 1600 piksel, prosesor Intel Core M3, RAM 4 GB dan pena stylus.

Baterai lebih awet
Chromebook dikenal akan ketahanan baterainya yang lebih awet. Rata-rata, laptop Chromebook memiliki daya tahan baterai selama sekitar 9 jam penggunaan. Hal ini sangat penting bagi kamu yang sering mengerjakan tugas atau menyelesaikan pekerjaan di luar kantor tanpa harus selalu bergantung pada colokan listrik untuk charge baterai laptop.

Hardware
Sebagian besar laptop Chromebook yang ada di pasaran dihadirkan dengan ketahanan bodi yang tangguh. Fitur anti goresan dan tahan bantingan merupakan hal biasa yang disertakan pada laptop dengan Chrome OS ini. Sebagai contoh, Acer Chromebook 14 dan Lenovo ThinkPad13 Chromebook memiliki ketahanan berstandar militer dengan sertifikasi MIL-STD-810G. Ini artinya, perangkat tersebut memiliki kapabilitas melewati tes ketahanan sesuai standar militer Amerika Serikat. Untuk Acer Chromebook 14 sendiri, laptop ini mampu bertahan di lingkungan dengan temperatur ekstrem, kelembaban, getaran, hujan, pasir dan debu.

Keamanan
keunggulan yang dimiliki oleh laptop Chromebook adalah di sektor keamanan. Model Chromebook yang ditujukan untuk bisnis biasanya dibekali dengan alat yang memungkinkan administrator teknologi informasi (TI) untuk mengelola laptop dari dalam maupun luar kantor. Sebagai contoh, Lenovo ThinkPad 13 Chromebook dan Google Pixelbook dilengkapi dengan Trusted Platform Mobilechip keamanan yang melindungi pengguna dari pencurian kata sandi. Dengan fitur ini, para profesional tidak perlu khawatir lagi soal keamanan data yang tersimpan di perangkat Chromebook mereka.

Window Management
Dengan adanya fitur window management anda bisa membuka aplikasi windows yang sudah di sediakan oleh Chrome OS, anda bisa dengan mudah untuk meresize dan mengatur posisi windownya dengan mudah.


Desktop Taskbar
Anda bisa mengatur dan mengcostumize icon aplikasi chrome yang sudah terinstall di notebook anda dan anda bisa mengatur icon menu


Desktop Background
Dnegna fitur yang di suguhkan oleh Chromebook ini, anda bisa mengganti wallpaper anda kemudian anda juga bisa isi dengan ico shortcut app


Login Screen
Jika anda mempunyai akun Google maka anda dapat login kedalam notebook yang di namakan Chromebook ini. Dan hebatnya setelah anda sukses melakukan login, semua browser data, apps, extension dan bookmarks akan terhubung dengan Chromebook yang anda pakai.

Sistim cloud
Selain fitur-fitur di atas Chromebook juga mempunyai sistem canggih sekaliber sistem Cloud. Dengan sistem ini saat anda masuk dengan web akun google anda, semua data yang tersimpan akan segera ada di hadapan anda, di perkirakan untuk proses booting hanya membutuhkan sekitar 8 detik.



Auto update
Chromebook bakal memperbarui diri dengan cara automatis pada latar belakang system operasi. Jadi, piranti Anda bakal senantiasa up to date serta bekerja seperti yang Anda perlukan.

Lebih praktis Beragam bergantung pada Chromebook Anda beli namun umumnya piranti Chromebook berbentuk enteng portabel serta gampang dibawa saat Anda membutuhkannya.




KEKURANGAN DARI CHROMEBOOK


Jadi, itu semuanya keunggulan Chromebook terdengar tambah baik kan? Nah, Chromebook bukanlah bermakna sebagai piranti yang prima. Tersebut disini sebagian argumen beberapa pemakai kurang senang dengan Chromebook.

Aplikasi Kantor 


Bila Anda punya kebiasaan dengan product Microsoft Office jadi Chromebook mungkin saja untuk tidak Anda. Google mempunyai office suite sendiri berbentuk on-line serta dan banyak salah satunya sepadan dengan Office, namun mereka tak mempunyai sebagian feature seperti Microsoft Office.

Penyimpanan 

Chromebook umumnya cuma mempunyai kekurangan ruangan penyimpanan. Cuma ada pada 16 serta 32GB untuk penyimpanan on-board. Hal semacam ini menolong Chromebook terkesan murah namun ingat 100GB penyimpanan on-line bakal Anda peroleh dengan cara gratis.

Tak ada Optical Drive 

CD/DVD drive tak ada pada laptop Chromebook. Namun jika anda memakai CD/DVD Drive dengan teratur jadi anda akan tidak menemukannya pada Chromebook.

Video Editing 

 Terdapat banyak editor video on-line ada di Chromebook. Umpamanya : WeVideo. Tetapi, bila Anda memakai serta memerlukan editor video dengan tingkat yang lebih profesional, atau punyai urusan dengan adanya banyak rekaman kwalitas HD jadi Chromebook mungkin saja tak mempunyai feature yang Anda perlukan.

Tak Ada Photoshop

Demikian juga, bila Anda yaitu pemakai Photoshop atau Photoshop Elements, Anda bakal butuh mencari satu aplikasi on-line yang setara dengan Photoshop untuk laptop Chromebook anda.

Percetakan 

Anda bisa cetak pada Chromebook tanpa ada sangat banyak kesusahan, namun semuanya bergantung pada type printer Anda. Karna mungkin saja akan tidak semudah seperti terlebih dulu karna Anda disuruh untuk memakai Google Cloud Print. 


Dan di bawah adalah beberapa chromebook dan spesifikasi singkatnya



1. Google Pixelbook




CPU: Intel Core i5 - i7 | Grafik: Intel HD Graphics 615 | RAM: 8 - 16GB | Layar:12,3 inci, QHD (2.400 x 1.600) layar sentuh | Penyimpanan: 128GB - 512GB

2. Asus Chromebook Flip


CPU: Intel Pentium 4405Y - Intel Core m3-6Y30 | Grafis: Intel HD Graphics 515 |RAM: 4GB | Layar: 12,5 inci, FHD (1.920 x 1.080) LED backlit anti silau |Penyimpanan: 32GB - 64GB eMMC


3. Samsung Chromebook Pro




CPU: 0.99Ghz Intel Core m3-6Y30 | Grafis:Intel HD Graphics 515 | RAM: 4GB | Layar:12,3 inci, QHD (2.400 x 1.600) layar sentuh | Penyimpanan: 32GB eMMC

4. Dell Chromebook 11


CPU: Intel Celeron N2840 | Grafis: Intel HD Graphics | RAM: 2GB - 4GB | Layar:layar sentuh 11,6 inci, HD (1366 x 768) |Penyimpanan: SSD 16GB

5. Acer Chromebook 15


CPU: Intel Celeron - Core i5 | Grafis: GrafisIntel HD - Grafik HD 5500 | RAM: 2GB - 4GB | Layar: 15,6 inci, HD (1,366 x 768) - FHD (1.920 x 1.080) | Penyimpanan: 16GB - SSD 32GB

6. Acer Chromebook R11


CPU: Intel Celeron N3150 | Grafis: Intel HD Graphics | RAM: 2GB - 4GB | Layar:11,6 inci, HD (1,366 x 768) | Penyimpanan:16GB - SSD 32GB

7. HP Chromebook 14


CPU: Intel Celeron N2840 - N2940 | Grafis:Intel HD Graphics | RAM: 2GB - 4GB |Layar: 14 inci, HD (1.366 x 768) BrightView | Penyimpanan: 16GB - 32GB eMMC

8. HP Chromebook 13


CPU: Intel Pentium 4405Y - Core m7 |Grafis: Intel HD Graphics 515 | RAM: 4GB - 16GB | Layar: 13,3 inci, FHD (1920 x 1080) - QHD (3.200 x 1.800) | Penyimpanan:32GB eMMC

Sekian artikel dari kami semoga bermanfaat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel